uMAR BIN aL kHATTAB

Masa Khalifah Umar bin Al Khattab
A. Pendahuluan
Peradaban yang merupakan kreasi paling tinggi dari eksistensi budaya (high culture) ada sejak manusia “berbudaya”. Pada tahapan tertentu produk budaya sesederhana apapun bisa menjadi moment dan monument supremasi peradaban pada masanya yang kemudian sebagian akan berkembang ke tahapan yang lebih komplek, ber”adab”, dan bermutu .
Karena itulah nampaknya para ilmuwan membagi- bagi (priodisasi) masa kesejarahan termasuk peradabannya dalam kriteria tertentu, yang saling bertautan antara satu priode dengan priode selanjutnya. Saya melihat bahwa priodisasi Sejarah dan Peradaban Islam lebih banyak didasarkan pada suksesi politik islam, terutama pada masa khilafah islamiyah yang berakhir di Turki. Kecuali setelah itu, disiplin ini mengarah melakukan pengkajian secara partikular terhadap perkembangan kesejarahan Islam meski tetap melakukan interelasi antara satu bagian dengan bagian lainnya dan tetap cenderung dipengaruhi oleh konstalasi politik lokal.
Di samping hal di atas, secara ideal kajian sejarah dan peradaban tentunya mesti mengikuti suatu paradigma tertentu dan bersumber dari nilai tertentu, seperti yang diajukan Mashad al Allaf pada bagan di bawah ini :

Dilihat dari paradigma tersebut, kita bisa melihat bahwa dimensi peradaban ini sangat luas, yang sudah barang tentu sulit digambarkan dalam tulisan ini. Karena itu, pada makalah ini penulis hanya berusaha menjawab, secara singkat, satu pertanyaan ” Apa saja yang dapat disumbangkan Khilafah di tangan Umar bin al Khattab kepada peradaban Islam?”
Umar adalah salah satu dari beberapa pemimpin Peradaban Islam yang unik. Selain “kesahabatannya” dengan nabi Muhammad, dari sanalah ia memulai menunjukan tanda- tanda kebesarannya pada masa datang. Abdullah bin Mas’ud menggambarkan dalam kata- katanya : ” Sampai sekarang kita tetap menjadi mulia sejak masuknya Umar ke dalam Islam” . Pada kesempatan lain ia berkata “Masuknya Umar ke dalam Islam merupakan sebuah penakluklan, dan hijrahnya merupakan sebuah kemenangan besar, keimanannya adalah anugerah. Aku menyaksikan saat kita tidak mampu sembahyang di Ka’bah hingga Umar berserah diri. Ketika ia masuk Islam dan memperjuangkannya, maka ia menghalau orang- orang musyrik hingga kami kembali bisa shalat” .

Ada banyak hadis yang menunjukan penghormatan Nabi kepada Umar bin Khattab, dia adalah salah satu dari dua penasehat Muhamad, selain Abu Bakr. Ia menempati posisi penting dalam kancah perjuangan berdirinya khilafah Islam.

Selama masa kepemimpinannya terdapat banyak inovasi baru yang diadopsi. Negara telah berkembang pada tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya sehingga banyak kebijakan yang mengharuskan diambil secara cepat dan tepat. Keberaniannya dan kehidupan sederhana adalah “trademark” pada masanya. Bakat kepemimpinannya jelas ditampilkan di banyak kesempatan. Abas Mahmoud al-Aqad, mendedikasikan sebuah karya tulis yang khusus mengupas perjalanan Umar bin Khattab, Umar Abqaryat [Umar Sang Jenius] .

Poin penting dalam hal ini adalah saat Umar hidup dan masuk ke dalam Islam serta kelanjutan kekhilafahannya setelah kematian Khalifah Abu Bakr sepeninggal Nabi. Dia memerintah selama sepuluh tahun dan berakhir saat ia tewas dibunuh oleh Magian bernama Abu Lu’lu Farozi, yang telah menyerangnya ketika Umar shalat.

B. Biographi
Umar lahir di Mekkah 13 tahun setelah peristiwa Gajah, 583M. Tidak banyak catatan yang dapat diperoleh yang memaparkan masa kecilnya. Kecuali bahwa dia berada pada lingkungan keluarga yang keras pada hirarki sosial yang relatif tinggi, sehingga ia mendapat pendidikan dan pergaulan di kelas menengah. Ia memiliki kepribadian dinamis, mementingkan diri sendiri, terbuka dan memiliki pandangan ke depan .
Umar termasuk keluarga terhormat dari Suku Quraisy. Nama lengkapnya adalah : Umar bin al-Khattab Ibnu Nufail bin Abdul-Uzza Ibnu Riyah Ibnu Qart Ibnu Razah Ibnu Adi Ibnu Kaab bin Lu’ayy bin Fihr bin Malik. Selama hidupnya ia sempat diberikan gelar Ameer al Muminin, Abu Hafs, al-Qurashi, al-Adwai, al-Farooq .
Keluarga umar juga senantiasa terlibat dalam penyelesaian konflik kesukuan saat itu dan banyak kerabatnya yang menjadi duta besar ke negeri tetangga .
C. Umar Masuk Islam
Ada beberapa versi yang menceritakan masuk islamnya Umar bin Khattab ini. Diantaranya bersumber dari Anas bin Malik: Suatu hari Umar sedemikian emosi kepada Nabi hingga Umar menghunus pedangnya bergegas menuju kediaman Rasulullah. Dalam perjalanan ia bertemu dengan seseorang dari Bani Zuhroh, yang secara diam- diam juga tertarik dengan Islam. Sesaat setelah Umar menceritakan rencannya untuk mendatangi rumah Muhamad orang tersebut menginformasikan bahwa saudara perempuan Umar dan suaminya telah masuk Islam. Sudah bisa diduga Umar yang dikenal temperamen itu balik kanan menuju rumah sang adik, dengan penuh amarah ia langsung menerobos pintu dan mendapatkan saudara perempuannya itu, Fatimah, sedang membaca membaca Al Qur’an. Tak pelak lagi fatimah mendapat tamparan keras dari kakak nya hingga berdarah. “Umar, Anda dapat melakukan apapun yang Anda inginkan, tetapi anda tidak dapat mengembalikan hati kami jauh dari Islam.” Ucap perempuan itu spontan. Kata-kata ini menghasilkan efek yang aneh pada Umar.
Kemudian Umar meminta adiknya menunjukan apa yang tadi ia dengar. Sejenak kemudian Umar pergi menuju ke tempat Rasulullah berkumpul bersama sahabat lainnya. Sesampainya di sana Umar membaca kalimah syahadat di hadapan Rasulullah dan para sahabat . Selanjutnya Umar pergi ke Ka’bah dan mengumumkan di hadapan orang banyak bahwa dirinya telah masuk Islam, dan secara terbuka menyatakan akan ikut Hijrah bersama Nabi ke Madinah, sekaligus menantang orang- orang yang hendak menghalangi perjalanan itu untuk berhadapan dengannya .

D. Posisi Umar di Hadapan Rasulullah
Ada banyak cerita yang menyebutkan bahwa Nabi mengharapkan agar Umar masuk Islam karena beliau melihat potensi masa depan Umar untuk memperjuangkan Islam. Dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa Rasulullah berkali kali berdoa kepada Allah agar Umar dapat menerima Islam. Uqbah bin Amir menceritakan bahwa Ibnu Umar pernah berkata : ,” Allah telah menempatkan kebenaran kepada Umar dan lidah di hatinya. ” Dan lain riwayat menyebutkan “Jika ada nabi setelah itu tentu Umar bin Khatab lah orangnya” .
As-Suyuti lebih lanjut menyatakan bahwa Abu Abdullah abu-Shaybani di buku Fada’il al-Imamayn (Kelebihan dari dua imam [Abu Bakr dan Umar]) telah mendaftar 20 poin yang berbeda di mana pendapat Umar yang cocok dengan ayat-ayat Alquran . Untuk alasan tersebut Rasulullah seringkali memperhatikan pendapat- pendapat Umar dalam banyak hal.

Sepeninggal Nabi dan Khalifah Abu Bakr
Kematian nabi sempat membuat Umar terpukul, bahkan awalnya Ia tidak mempercayai bila Muhamad telah meninggal. Setelah Abu Bakr menasihatinya barulah Umar menyadari bahwa orang yang ia kagumi kini telah tiada. Tidak hanya sampai di sana, kematian nabi mengundang perdebatan di antara para sahabatnya yang terdiri dari berbagai suku, anshar dan muhajir hingga sempat memperlambat proses pemakaman jenajah Nabi Muhamad. Pada saat yang kritis itu Umar tampil memberikan solusi dengan melakukan baiat(oath of Allegiance) kepada Abu Bakr di hadapan seluruh sahabat agar dapat menggantikan posisi Muhamad selaku pemimpin bagi warganya saat itu.
Umar meyakinkan para sahabat lainnya bahwa Abu Bakar merupakan pilihan yang tepat untuk estafeta kepemimpinan sepeninggal nabi dengan merujuk kepada beberapa alasan .

E. Penasehat Utama Abu Bakr
Abu Bakr sangat menaruh hormat kepada Umar. Pada satu kesempatan ia berkata : “Tidak ada di muka bumi seorang laki-laki lebih dicintai untuk ku daripada Umar.” Aisyah menyatakan : “Dia, oleh Allah, terampil dalam mengelola urusan, benar-benar unik.” Muawiyah pun berkata: “… Umar, dunia mencarinya namun dia tidak inginkan itu …” .
Lebih lanjut Abu Bakr telah meminta izin Usmah bin Zaid untuk menjadikan Umar sebagai penasihat karena pada saat kematian Rasul, Umar adalah bagian dari pasukan yang dipimpin oleh Usamah .
F. Menjadi Khalifah
Umar menggantikan posisi Abu Bakr sehari setelah meninggalnya khalifah pertama itu . Pengangkatan Umar menjadi khalifah terekam dengan baik saat itu. Tidak ada pertikaian terjadi saat pergantian kekuasaan dari satu penguasa ke penguasa berikutnya . Saat menjelang ajal Abu Bakr telah menunjuk Umar sebagai penggantinya setelah sebelumnya berkonsultasi dengan Abdurahman bin Auf dan Utsman bin Affan .
Umar bin Khattab menjadi khalifah selama 10 tahun dengan berbagai macam sumbangan terhadap kejayaan Islam yang diantaranya berupa inovasi dan Islamisasi.
G. Inovasi dan Islamisasi
Seiring dengan berjalannya waktu Umar menyadari bila wilayah kekuasaannya (state) mestilah kuat dan stabil. Bagaimana ia menciptakan kesejahteraan dan keadilan bagi rakyatnya dapat dilihat dari apa yang telah ia sumbangkan bagi sejarah dan peradaban Islam. Berikut adalah karya khilafah pada masa kepemimpinannya :
1. Pembangunan Lembaga Keuangan .
2. Mendirikan bangunan pengadilan dan pengangkatan Hakim . Menempatkan tentara cadangan dengan gaji negara dan organisasi angkatan bersenjata .
3. Pembentukan Pos layanan umum .
4. Penetapan departemen pendapatan tanah (semacam kantor yang mengurus PAD).
5. Survey dan penaksiran tanah.
6. Sensus penduduk.
7. Pembentukan hukum anti monopoli.
8. Pembangunan dan penggunaan penjara.
9. pembangunan kanal-kanal dan Jembatan.
10. Pertama untuk menggunakan hukum cambuk .
11. Pembangunan tempat peristirahatan Umum, hotel dan tempat Wudhu (Berwudhu) .
12. Memperbaiki tanggal ke sistem hijriyah .
13. Membagi negara dan wilayah penaklukkan menjadi provinsi- provinsi .
14. Pendirian kota baru (al-Amsar) seperti Kufah, Basarah dan Fustat .
15. Zakat pada Produksi laut, seperti ikan, Lobster, udang dll, dan penunjukan resmi kantor yang bertanggungjawab.
16. Penggunaan aparat intelejen untuk memantau keadaan setiap provinsi .
17. Gaji untuk imam, Muadhins guru dan kuliah umum.
18. Jaminan Sosial untuk masyarakat miskin di antara orang-orang Yahudi dan Kristian yang tinggal di tanah penaklukkan.
19. Hukuman untuk pemabukan, tulisan yang bernada ejekan dan sindiran
20. Pembentukan semacam community devlopment untuk perdagangan tertentu .
21. Larangan disebut-sebut nama perempuan dalam puisi.
22. Tarawih berjamaah, sebelum waktu itu dilakukan secara individual.
23. Memberikan penerangan di mesjid di malam hari .
24. Melanjukan usaha Abu Bakr untuk mengumpulkan Al Qur’an dalam satu buku.
25. Pembentukan Militer di basis poin strategis di berbagai propinsi.
26. Penetapan departemen kepolisian .
27. Melakukan infeksi untuk mengetahui keadaan masyarakat secara langsung.
28. Formulasi Qiyas (persamaan Penalaran.) Untuk menentukan Kasus pada hal-hal baru yang dihadapi dalam fiqh (Jurisprudence.)
29. Pembentukan sistem perhitungan warisan yang lebih tepat.
30. Membatasi hubungan antara Muslim dan Non-Muslim . [44]
31. Membangun kandang untuk unta masyarakat yang hilang .
32. Intervensi negara untuk mengontrol harga barang dagangan .
33. Untuk pertama kalinya memperbesar al-Haram (Masjidilharam) di Mekah yang meliputi Ka’bah .
34. Dibangunnya tempat Isra di Yerusalem .
Wilayah Penaklukan/ Islamisasi Wilayah
1. Kejatuhan Damasucus di 14/635
2. Kejatuhan Fahl di 14/635
3. Kejatuhan Hims di 14/635
4. Kejatuhan Balbak dan Basrah
5. Jatuh Ublah dan jembatan dari Abi Ubydiah di Najran di 14 / 635
6. Kejatuhan Yarmouk di 15/636
7. Jatuhnya semua Yordan kecuali dari Tabarias di 15 / 635
8. Pertempuran Yarmouk di 15 / 635
9. Pertempuran Qadisyah di 15 / 636
Tahun 16 / 637
10. Pertempuran Jaljulah dan Qansreen
11. Kejatuhan Ahoz
12. Kejatuhan Madain
13. Jatuhnya di Yerusalem 16/637
14. Jatuhnya di Jazirah 16/637
Tahun 17/638
15. Kejatuhan Hims lagi di 17/638
16. Kejatuhan Hurmuz di 17/637
Tahun 18/638
17. Kota Kufah dibangun di 18/639
18. Plague besar dari Amwas, Ubydaih bin Abu al-Jarah meninggal dunia dan banyak tentara Muslim.
Tahun 19/640
19. Kejatuhan Qaisariah di 19/640
20. Pertempuran Sohab di 19 / 640
21. Kejatuhan Takrit di 19/640
22. Tentara yang dikirim Aremina di 19/640
Tahun 20 / 641
23. Kejatuhan Mesir di 20 / 641
24. Kejatuhan Afrika Utara
25. Jatuhnya Alexandria di 21/642
26. Kejatuhan Nahwind di 21/641
27. Kejatuhan Khorasan di 21/641
28. Jatuhnya Antiokhia dan Qalqalyia Pecefuly.
29. Kejatuhan Adharbaijan di 22 / 642
30. Kejatuhan Masbithan di 22/642
31. Kejatuhan Hamathan di 22 / 642
32. Kejatuhan Tabaristan di 22 / 643
33. Armenia jatuh di 22 / 643
34. Kejatuhan Jarjan di 22/643
35. Kejatuhan Koos dan Raiy di 22/643
36. Kejatuhan Tripoli (Afrika Utara) di 22/643
37. Kejatuhan Fars di 23/644
38. Kejatuhan Kirman di 23/644
39. Kejatuhan Sajastan di 23/644
40. Kejatuhan Makran di 23/644
41. Kejatuhan Khurasan (termasuk Khawarazm, Farghanah, Takharistan) di 23/644
C. Penutup
Pada tahun 23 H/ 644M Umar tewas di tangan Abu Lu’lu, yang memiliki sentimen pribadi, setelah ditikam ketika shalat subuh. Abdurahman bin Auf yang pertama kali membopong Umar mengetahui bahwa sang khalifah tak dapat lagi diselamatkan. Dalam keadaan yang kritis itu Umar masih sempat memanggil enam orang sahabat kepercayaannya untuk dipilih salahsatunya menggantikan posisi khalifah yang segera ia tinggalkan dalam tiga hari setelah ia pastikan bahwa posisi kepemimpinan tidak jatuh kepada anaknya. Kecuali cukup bagi dia di bekerja setara dengan konsultan . Dalam kurun waktu 10 tahun, enam bulan dan empat hari Umar telah sukses memimpin kaum muslimin dengan wilayah yang semakin meluas .
Dalamwaktu yang relatif singkat ia telah meninggalkan warisan peradaban yang tak tertandingi di jamannya. Hampir semua aspek kehidupan dapat ia sentuh dengan kebajikannya. Saya harus melihat bahwa hal ini tidak saja merupakan sebuah karya budaya an sich, melainkan suatu keterpaduan nilai teistik dan humanis yang berkolaborasi membangun sebuah peradaban yang Rahmatan lil Alamin.
Wallahu A’lam

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: